Bunda Rika dan Waktu Pesta

Namanya, Rika Noor Athari.  Perempuan yang lahir di Padang, 8 Mei 1992 silam. Kami memanggilnya Bunda Rika. Bunda, ya. Sederhana, usia kami terpaut satu tahun. Pribadi yang penyanyang, perhatian, dan ceria. Dia adalah Ibu kami, yang selalu mengerti kami. Karena itu, kami panggil dia dengan sebutan itu.

(Dok.Pribadi milik Bunda Rika)
(Dok.Pribadi milik Bunda Rika)

Ketika Waktu Pesta beredar pertama kali di Gramedia Jabodetabek, khususnya Gramedia Depok, Bunda adalah saksinya. Usai membeli buku Waktu Pesta di Gramedia Depok, aku hendak pulang ke kost. Sambil menunggu bis kuning di halte Stasiun UI, aku membuka dan membaca kembali Waktu Pesta.

Ketika asyik membaca, Bunda lewat. Ia menyapa,” Dodi…,” sapanya dengan wajah ceria seperti biasa. “Udah keluar ya bukunya,” kata Bunda lagi.

Dan, aku tersenyum.

“Kura-kura ninja,” kataku, sambil menempelkan jari telunjuk di atas kepala, menirukan adegan Kugy di film Perahu Kertas ketika cerpen Kugy dimuat di sebuah majalah.

Ini foto 'Waktu Pesta' milik Bunda, dan bagian tulisanku yang sudah diberi sedikit tulsan dengan kata-kata manis plus tanda tangan.
Ini foto ‘Waktu Pesta’ milik Bunda, dan bagian tulisanku yang sudah diberi sedikit tulsan dengan kata-kata manis plus tanda tangan.

Bunda berjanji akan membeli buku Waktu Pesta. Janji itu ditepati. Suatu hari, Bunda mengabari. Hari lainnya, dia mengirimkan pesan untuk menandatangani buku miliknya. Aku bersedia. Kami bertemu di Kancil.

Aku selalu tidak bisa berkomentar ketika Bunda bilang: “Sekarang, dia datang kepadaku bukan lagi sebagai teman. Tapi, kini sebagai penulis….”

Bun, aku sayang Bunda! (*)

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s