Trio Komunikasi

Dulu, mungkin kami hidup dalam kehidupan masing-masing. Tidak saling mengenal. Tidak saling tahu. Tidak punya kepentingan untuk saling mengenal.

Irfan Sael Perdana, saya bertemu untuk pertama kali dengannya ketika ia memutuskan bergabung dengan sebuah media online remaja di Padang. Ia punya antusias yang tinggi dengan bidang ini. Ia dari SMA Negeri 10 Padang. Punya semangat yang besar dalam menulis. Punya kemauan keras untuk terus belajar. Beberapa kali, ia sempat berdiskusi. Bertanya banyak hal yang ingin ia pelajari.

Irfan Sael Perdana (Dok.Pribadi)

Hingga suatu hari, saya menceritakan pengalaman saya mengikuti sepekan kegiatan Forum Pelajar Indonesia di Jakarta. “Sael juga pengen ikut,” kata dia. Aku hanya bisa memberi motivasi. Tidak menjanjikan banyak hal. Namun, ia punya semangat yang mengawinkan semuanya; semangat dan motivasi. Jadilah sebuah inspirasi baru. Seusai mengikuti Forum Pelajar Indonesia 2011, setahun setelah kegiatan yang saya ikuti, ia mendirikan sebuah organisasi pemuda di Padang, bersama sejumlah rekannya.

Ia pun membuktikan, impiannya. Mimpi yang mungkin ia bangun sejak lama. Persis ketika hari itu, saya atas nama almamater datang bertandang ke sekolahnya. Memberikan banyak motivasi pada pelajar-pelajar SMA di Padang. Memberikan banyak sentuhan inspirasi. Memberikan banyak dorongan bahwa melanjutkan ke perguruan tinggi itu, penting.

Sael untuk kedua kalinya, mengawinkan semua itu. Membuat mimpinya menjadi nyata. Menyamakan warna jaket kebanggan yang kini ia sandang dengan warna jaketku. Universitas Indonesia. Jurusan yang juga diidam-idamkannya sejak lama, setelah sempat menaruh impian untuk menjadi Mahasiswa sebuah Institut di Bogor. Ia sungguh telah merekam semuanya, melukis semua mimpinya di atas sebuah kanvas yang bernama kehidupan.

Afridho Aldana, ia pegiat organisasi di sekolahnya, SMA Negeri 2 Padang. Pertama kali bertemu dengannya, ketika semua Mahasiswa UI Padang dikumpulkan di Margonda Residence. Hari itu, ia membawa semangat yang sama, ingin mewakili diri menjadi Koordinator Wilayah Padang untuk sebuah kegiatan. Sebelum itu, itu aku sempat mengenalnya, dari seorang teman. Bahwa, ia punya abilitas yang kuat di bidang bahasa Jepang. Konon, pernah menginjakkan kaki di negeri matahari terbit itu dalam sebuah kesempatan kunjungan belajar.

Idho (Dok.Pribadi)

Idho, begitu kamu memanggilnya. Ia sempat studi di jurusan Sastra Jepang, Universitas Indonesia. Dengan passionnya di sana, aku bahkan sempat terbayang, ia akan menjadi Duta Besar RI untuk Jepang, atau menjadi pengusaha sukses di sana. Mendengar ia berujar dengan bahasa Jepang (yang dipendengaranku) sangat fasih, aku merasa patut mengamini itu. Ternyata, ia melalui jalan terjal. Belajar bahasa dan sastra itu tidak mudah, demikian aku menyimpulkannya. Setidaknya, pengalaman sahabat satu ini telah membuktikannya. Betapa untuk survive di sebuah jurusan Sastra itu tidak mudah, bila hati dan pikiran benar-benar telah bersatu padu. Bila tidak, semua akan menjadi sangat sulit, sekalipun seluruh usaha telah diupayakan. Idho memberiku pelajaran, bahwa, dengan kemauan dan bakat saja tidak cukup. Ternyata, menekuni sastra perlu banyak modal lain seperti kesabaran yang kuat dan banyak hal yang tak dipelajari di bangku sekolah manapun.

Tapi, Idho tidak dengan serta merta merusak semua tembok mimpi yang ia bangun sejak lama. Ia membangun kembali semua, semua apa yang telah ia perjuangkan sebagai seorang mahasiswa; cita-cita membanggakan orangtua. Dan, dengan semangat yang baru, mimpi baru, ia telah menghancurkan tembok mimpi yang lama, memecah semua mimpi lama dan membangun baru semua atas nama Ilmu Komunikasi.

Dulu, mungkin kami hidup dalam kehidupan masing-masing. Tidak saling mengenal. Tidak saling tahu. Tidak punya kepentingan untuk saling mengenal.

Itu dulu, sekarang, kami menamai diri kami: Trio Komunikasi! (*)

Depok, 8 September 2012. Pukul 21.41 PM – KFC Margonda

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s