AMALIA MARYUNITA PUTRI: Bisnis Bermula Dari Hobi

Lewat kemampuannya dalam seni desain grafis, Amalia Maryunita Putri, 19, menjadikan itu sebagai potensi bisnis. Serius menekuni dunia itu, selain berbuah materi ia juga kerap meraih sejumlah prestasi.

Itulah yang kini digandrungi cewek kelahiran Padang 10 Juni ini. Pemilik nama lengkap Amalia Maryunita Putri yang mengaku sudah mengenal dunia seni desain grafis sejak ia duduk di bangku SMP. “Iseng-iseng awalnya, tertarik gara-gara saudara ngajarin Photoshop. Seru banget ternyata, keterusan sekarang jadi hobi,” kata cewek yang akrab disapa Ame tersebut. Ame mengungkapkan, ketertarikannya menguasai bidang desain grafis bermula dari hobi dan kepuasan tersendiri baginya bila ada yang menyukai hasil karya seninya. “Kalau punya skill mendesain, kemudian ada yang menyukainya, jadi ada kepuasan tersendiri,” imbuh Ame, putri pasangan Mardi A. dan Yulmiati ini. Lanjut Ame, bertambah senang lagi bila ternyata, semua yang berawal dari hobi justru menjadi komoditi dan peluang bisnis. “Kemarin waktu libur, malah bisa dapat uang melalui hasil desain sendiri,” kata Ame kepada Singgalang, beberapa waktu lalu.

Dari pengalaman mendesain sejumlah tawaran dari rekannya seperti desain undangan, poster event, Ame bahkan kerap menggarap sejumlah proyek desain buku tahunan. “Iya, pernah ditawari mendesain Buku Tahunan salah satu SMA di kota Padang, terus juga ada tawaran mendesain album wedding, “ ujarnya. Pengalaman dari sejumlah kerja mendesain itu, Ame pernah meraih Juara I Lomba Desaign yang diselenggarakan IT Telkom tahun 2010 silam tingkat Sumatera Barat.  Ia mengatakan, hingga kini masih menerima order dan tawaran untuk sejumlah proyek desain scrap book hingga event invitation sebagai pekerja lepas (freelance-red). “Lumayan hasil dari bisnis seperti ini bisa nambah uang saku,” kata cewek yang masih tercatat sebagai Mahasiswa Semester Dua di Jurusan Komunikasi Penyiaran, Program Vokasi, Universitas Indonesia ini.

Ame menilai, potensi berbisnis di bidang desain grafis sangat menjanjikan dewasa ini. “Hampir setiap event butuh poster, sementara itu bagi siswa kelas 3 SMA selalu mengagendakan bikin buku tahunan, belum lagi saat ini dunia desain grafis tidak hanya untuk bisnis, tetapi juga banyak event-event lomba yang mencari bakat-bakat pendesain muda. Selain itu, yang terpenting,  kemampuan desain bisa disesuaikan dengan kebutuhan orang dan promosi yang baik,” lanjut Ame, lulusan SMA Negeri 2 Padang ini.

 

Selain mapan dalam hobi desain grafis yang dijadikannya sebagai peluang bisnis, Ame juga kerap mengeksplorasi bakatnya dalam dunia tarik suara. “Memang jarang ikut event kompetisi menyanyi semasa SMA, tapi dulu waktu SD sering juara kalau ikut lomba menyanyi,” sebut cewek yang pernah meraih penghargaan sebagai Queen SMP Negeri 7 Padang ini semasa bersekolah di sana. Itupula yang menjadi alasan kuat kenapa dara yang bercita-cita menjadi Entertainer ini melanjutkan studinya di jurusan Komunikasi Penyiaran.

“Pengen banget jadi reporter televisi atau jadi anchor,” pungkas Ame. Ame melihat potensi dan prospek yang menjajikan di jagad hiburan Indonesia. Selain banyak media swasta yang bonafid, ia juga menilai, media saat ini butuh tenaga-tenaga muda yang kreatif untuk menyuguhkan siaran-siaran yang inspiratif dan edukatif bagi penonton. “Setidaknya, Ame pengen nanti merubah pola latah media televisi yang kerap meniru tayangan stasiun lain, terkesan nggak kreatif,” kata Ame. Ditambahkannya, kalau ia menjadi pekerja di dunia entertainer, Ame berharap mampu untuk memajukan kualitas tayangan dan siaran di industri hiburan. “Bikin acara yang berbeda, nggak niru pastinya, tapi tetap menjaga kualitas, mendidik juga harus kreatif. Selama kita kreatif, pekerjaan yang kita dapat pasti juga bagus,” tutupnya.  (Narasi oleh Dodi Prananda, Foto: Dok.Pribadi)

*Tulisan ini telah dimuat di rubrik BINTANG, Singgalang Minggu, 4 Maret 2012Gambar

 

BIODATA BINTANG

 

Nama Lengkap            : Amalia Maryunita Putri

Nama Panggilan          : Ame

Tempat, tanggal lahir  : Padang, 10 Juni 1993

Hobi                            : Nyanyi, Mendesain dan Menonton

Pendidikan                  : Komunikasi Penyiaran, Vokasi, Universitas Indonesia

Orangtua                     : Mardi A. SE. (Ayah) dan Yulmiati (Ibu)

Email                           : amaliamaryunita@gmail.com

Motto Hidup              : Hidup Apa Adanya, Nggak Perlu Berlebihan!

Prestasi                        :

  1. Juara I Lomba Desaign IT Telkom Se-Sumatera Barat (2010)
  2. Juara II Lomba Nyanyi Sumbar Fair (2003)
  3. Juara II Singing Contest Sari Musik Centre (2003)
  4. Harapan I Lomba Solo Song DB Fair (2000)
  5. Harapan II Lomba Solo Song DB Fair (2001)
  6. Penghargaan Queen SMP Negeri 7 Padang
Iklan

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s