Tulisan Lepas Non Fiksi

Bagi Saya; Singgalang Masuk Sekolah Itu…

Bagi saya, Singgalang Masuk Sekolah (SMS) menjadi tempat menempa pembelajaran jurnalistik praktis. Di SMS, secara tidak langsung, semangat menulis terus dipupuk dan menjadikan setiap reporternya dapat terus berpartisipasi menulis kreatif serta terus mengeksplorasi kemampuan menulis. Budaya menulis diciptakan dari adanya deadline mingguan yang menginisiasi setiap reporter untuk menulis; tulisan jenis apapun itu (Ikon, berita, artikel, dll).

Dodi Prananda (Dok.Pribadi)

Di SMS, saya merasa terus terinspirasi untuk menulis dan banyak motivasi yang hadir melalui kebersamaan tim kerja; khususnya bersama rekan-rekan kerja dari sekolah yang lain. Adanya Tim Kerja yang solid ini memunculkan stimulus satu sama lain untuk terus membenahi kualitas tulisan masing-masing, sehingga tanpa disadari ini mendewasakan kualitas masing-masing individu reporter. Selain itu, saya merasa berbahagia karena SMS punya Redaktur yang mengerti dan paham akan rekan-rekan pelajar yang (beberapa diantaranya) perlu bimbingan untuk menghasilkan tulisan yang punya nilai berita dan bernilai jurnalistik.

Di luar honor yang diterima, SMS banyak memberikan saya pembelajaran dan pengalaman yang membuat saya kaya akan ‘jam terbang’ praktis di dunia jurnalistik. Tidak hanya soal ‘mentalitas’ yang diuji setiap kali wawancara dengan banyak orang, tetapi juga pada pengalaman bertemu dengan orang-orang hebat di sekitar saya (yang kerap dijadikan bahan tulisan), yang diam-diam, menjadi inspirasi laten bagi diri saya. Singgalang Masuk Sekolah-lah yang salah satunya telah melahirkan saya sehingga nama saya bisa dikenal teman-teman pelajar di Sumatera Barat. Hal ini berimplikasi pada banyaknya teman-teman ‘maya’ yang saya kenal, meski mereka hanya mengenal saya lewat tulisan. Menjadi bagian dari SMS membuat saya memiliki jejaring yang luas; teman, orang-orang hebat, para pejabat penting. SMS juga menjadikan hari Rabu saya menjadi lebih berwarna dan berkesan (seolah ada kebahagian tersendiri bila di hari Rabu). Itulah yang kemudian menjadikan saya berkesimpulan; betapa beruntungnya saya bisa menjadi bagian dari keluarga Singgalang Masuk Sekolah.

(Testimonial oleh Dodi Prananda, Reporter SMS 2008 s.d 2011 dari SMA Negeri 1 Padang, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia)

Standar

Tinggalkan Balasan

