Sajak-Sajak

BINCANG-BINCANG

KETIKA PELAJAR MEMAKNAI TAHUN BARU…..tahun-baru-hijriyah

Sepertinya hanya tinggal menghitung hari menyambut malam tahun baru 2009. Barangkali untuk sebagian orang, malam tahun baru adalah malam yang ditunggu-tunggu, tidak hanya remaja, tapi juga untuk semua orang. Malam tahun baru merupakan moment yang pas bagi setiap orang untuk memutar kembali rentetan perisiwa dan kejadian yang telah dilaluinya, suka dan duka tentunya yang menghiasi kehidupan kita selama di tahun 2008.

Banyak hal yang dapat dan bisa dilakukan dalam tahun baru, seperti merayakan malam tahun baru dengan pesta kembang api, make a wish, membuat permohonan pada pukul 00.00, atau yang paling tren dilakukan oleh sebagian orang yaitu pesta barbeque. Berhubung tahun baru sudah didepan mata, kita juga ingin mengetahui apa saja hal yang dilakukan pelajar untuk mengisi malam tahun baru, tidak hanya mengisi malam tahun baru tetapi juga memaknai tahun baru.

Seperti yang dikemukan oleh Disa Valentia, siswi kelas X.2 SMA Negeri 1 Padang ketika ditanya mengenai makna tahun baru baginya. “Bagi aku malam tahun baru adalah malam memutar waktu dan kenangan, mengingat kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat selama tahun 2008,” ucapnya bijak. Apa yang dikemukan oleh siswi yang mempunyai hobi memasak itu sudah menerangkan secara jelas apa makna tahun baru, yaitu untuk merenung, atau dengan kata lain, waktu yang tepat untuk mengevaluasi diri. Mulai dari mengevaluasi kesalahan, harapan yang belum tercapai dan masalah yang terjadi di tahu 2008 semoa tidak terulang lagi tentunya di tahun 2009 nanti.

Lain halnya dengan siswa yang saat ini duduk di bangku kelas XII, SMK Dhu’afa Nusantara, Febrian Azhar Putra, siswa jurusan teknik mesin ini mengemukakan pendapatnya tentang hal yang akan diperbuatnya di saat malam tahun baru.

“Di saat malam tahun baru nanti, saya akan meminta permohonan kepada sang kuasa agar saya diberikan kemudahan menjelani hidup ke depan,” ucapnya dengan wajah penuh harap. Ryan, begitu sapaan akrabnya juga menambahkan bahwa ia ingin harapanya menjadi kenyataan di tahun baru 2009 nanti, yakni lulus sekolah dan bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Senada dengan pendapat Ryan, M. Hasbi As-sidiq, siswa kelas IX, SMP Negeri 2 Padang ini juga angkat bicara mengenai makna tahun baru baginya. “Bagi Hasbi malam tahun baru adalah malam berdoa, malam yang tepat bagi kita untuk menyerahkan diri kepada Allah, ya, make a wish lah!” ucapnya sambil tersenyum.

Ketika ditanya, moment apa saja yang tidak pernah terlupakan sampai saat ini yang terjadi di tahun 2008? beragam pula jawaban pelajar mengenai hal itu. Ada yang menceritakan pengalaman yang paling menyenangkan yang pernah terjadi di tahun 2008 dan tidak bisa dilupakan, ada pula yang mengungkapkan pengalaman yang menyedihkan, bahkan mengharukan.

Pengalaman yang paling menarik dan menyenangkan yang pernah terjadi pada dirinya pada tahun 2008 yaitu datang dari Alfadli Rizki, siswa X.7 Internasional, SMA Negeri 1 Padang.

“Pengalaman yang menarik sekaligus tidak akan terlupakan yaitu ketika memperoleh NEM yang tinggi, membuat aku bisa duduk di SMAN 1 Padang, ketika iseng-iseng mengikuti seleksi penyaringan siswa kelas Internasional, eh, rupanya terpilih menjadi siswa kelas Internasional,” kenangnya.

Bicara soal pengalaman yang menyenangkan, untuk Alfadli memang tidak akan pernah dilupakannya sepanjang masa, bahkan siswa yang punya hobi game online itu sudah memasang strategi baru untuk dapat melangkahkan kaki mencari pengalaman yang menyenangkan sekaligus tak terlupakan lagi di tahun 2009 nantinya.

Seperti apa yang di alami oleh Alfadli, Elka Baraguma, siswi SMA Adabiah juga telah mengabadikan sebuah moment yang pernah terjadi di 2008 dan tidak akan pernah dilupakannya sampai kapanpun.

“Hmm, Elka pernah mengalami kejadian yang paling menyenangkan di tahun 2008, pengalaman tersebut yaitu rapor kenaikan kelas untuk semester gasal yang baru-baru ini dibagikan, Elka mendapat nilai yang cukup memuaskan, dan itu adalah spirit baru bagi aku sendiri demi memperoleh nilai yang lebih bagus lagi di tahun 2009 nantinya,” ucapnya sambil memasang wajah gembira.

Beda halnya dengan Alfadli dan Elka, Khairunissa, pelajar MTsN Koto Tangah ini mengemukakan sebuah pengalaman yang menyedihkan yang dialaminya di tahun 2008 ini. Baginya pengalaman itu adalah pengalaman yang tidak mampu ia lupakan, bahkan ia mencatat semua pengalaman itu dalam buku hariannya.

“Untuk puasa ramadhan pada tahun 2008 lalu Icha tidak melewatinya bersama Mama tercinta, Icha harus menjalaninya tanpa sosok Mama, dan bagi Icha itu adalah hal yang paling menyedihkan. Sebagai obat dari rasa sedih itu Icha juga punya cerita yang akan dikenang sampai kapanpun, yaitu menjadi 10 besar dikelas, itu adalah motivator yang luar biasa sekali bagi Icha untuk dapat terus,” ucap cewek memiliki hobi mendengarkan musik ini.

Untuk Supriyadi, pelajar SMK 5 Padang moment terindah di tahun 2008 dan membuatnya ingin terus menapaki langkah di tahun 2009 dengan penuh kegembiraan yaitu awetnya jalinan persahabatan antara dirinya dengan teman-temannya, baik di sekolah ataupun di rumah. “Yang paling tak terlupakan saat memasuki tahun baru 2009 ke depan yaitu kedekatan antara diri saya dengan teman-teman, kami dapat bercanda bersama, kompak-kompakkan bahkan kami menjalani persahabatan dengan suka cita,” ucap cowok yang hobi sekali dengan bidang otomotif ini.

Memang hal yang terindah itu, yang pernah terjadi di tahun 2008 tersebut adalah kenangan-kenangan yang akan tetap tersampul elok, tidak akan pernah lekang oleh waktu. Sekarang kalau ditanya mengenai harapan sekaligus make a wish pelajar untuk ke depan disaat pukul menunjukkan 00.00 dan sudah saatnya tutup tahun, apa yang diharapkan oleh pelajar ke depannya.

Rima Arsylina, siswi SMA Adabiah, mengungkapkan apa yang akan dipintanya nanti ketika jarum jam menunjukkan pukul 00.00 “Kalau pada saat tutup tahun nanti, aku akan berdoa untuk memohon diberikan semangat baru, pokoknya spirit serta suasana hati yang baru untuk menjalani hidup,” ujar siswi yang saat ini duduk di kelas X. Sedangkan Ratih Kumala Dewi, pelajar SMAN 10 Padang, menjelaskan bahwa ia ingin kedamaian serta apa yang diimpikannya (tidak tercapai) pada tahun 2008, semoga akan terwujud pada tahun 2009 nanti,” papar cewek berambut panjang ini.

Wah, semoga apa yang kita impikan selama ini akan terwujud di tahun 2009 nanti. Semoga pada pesta kembang api pada waktu tutup tahun nanti menjadi moment yang tepat bagi kita semua untuk make a wish, dan menjadi kenyataan. Amin. Happy New Month, Friends

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s